Blog Tentang Resep Masakan Indonesia. Resep Aneka Masakan Enak, Resep Aneka Kue Kering dan Basah, Resep Aneka Minuman Segar, Resep Aneka Masakan Indonesia Baik Tradisional Maupun yang Modern

Sunday 3 January 2016

Getuk Singkong dengan Taburan Parutan Kelapa

Getuk Singkong dengan Taburan Parutan Kelapa - Berbicara mengenai makanan atau jajanan tradisional Indonesia, pastinya anda sering menemukannya di pasar-pasar ataupun tempat khusus toko kue. Memang, jenis kue tradisional Indonesia memiliki cita rasa yang beragam dan pengolahannya pun tergolong banyak yang unik. Selain itu, umumnya kue tradisional ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapat serta berasal dari tanaman khas Indonesia. Salah satu contohnya adalah Getuk, sebuah makanan tradisional yang berasal dari daerah Jawa Tengah.

Getuk pada dasarnya terbuat dari bahan singkong yang dicampur dengan gula aren sehingga menghasilkan sebuah makanan dengan cita rasa yang manis dan tentunya nikmat.
Bagi anda yang ingin bernostalgia dengan kue tradisional, kali ini ada sebuah resep Getuk singkong dengan taburan parutan kelapa yang mudah dibuat dan tentunya bisa anda sajikan untuk hidangan di rumah anda.

Getuk Singkong dengan Taburan Parutan Kelapa
Getuk Singkong dengan Taburan Parutan Kelapa

Getuk Singkong dengan Taburan Parutan Kelapa

Bahan-Bahan

  • 1 kg Singkong, kupas kulitnya dan bersihkan
  • 300 ml santan kelapa
  • 100 ml gula pasir
  • 1 bungkus agar ñ agar berwarna putih
  • Garam secukupnya
  • Kelapa parut untuk taburan Getuk
  • Pewarna makanan kuning dan merah

Cara Membuat

  1. Siapkan sebuah alat parutan, kemudian parut singkong hingga halus
  2. Setelah diparut, masukan singkong kedalam sebuah wadah, kemudian campurkan dengan gula pasir, garam, santan kelapa dan agar-agar.
  3. Siapkan spatula, kemudian aduk semua bahan hingga tercampur rata dan semua bahan menyatu.
  4. Bagi adonan menjadi dua bagian, kemudian pada setiap bagian adonan campurkan dengan pewarna kuning dan merah, lalu aduk lagi hingga semua pewarna merata bercampur dengan adonan.
  5. Siapkan oven, panaskan dengan suhu sekitar 1800 celcius. Siapkan loyang, kemudian masukan adonan secara bergantian agar membentuk sebuah warna berlapis (anda bisa mengkreasikan sesuai keinginan anda, misalnya bagian adonan berwarna kuning di lapisan bawah atau sebaliknya, dan anda juga bisa membuat berlapis ñ lapis warna, kuning, merah, kuning, merah hingga adonan habis)
  6. Setelah adonan dimasukan kedalam loyang, kemudian dikukus didalam oven sekitar 30 menit dan tunggu hingga getuk mulai empuk dan matang.
  7. Setelah matang, keluarkan getuk dan taburi dengan parutan kelapa.
  8. Terakhir, potong getuk menjadi bagian ñ bagian kecil dan sajikan.
Baca Juga: Resep Nugget Tahu
Oke itulah tadi yang dapat Aneka Resep Masakan Indonesia bagikan mengenai  Getuk Singkong dengan Taburan Parutan Kelapa semoga informasinya dapat memberikan manfaat untuk anda semua... 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Getuk Singkong dengan Taburan Parutan Kelapa

0 komentar:

Post a Comment